Telum Talks To... Shannon Hartono, Pemimpin Redaksi, CROWN Indonesia
Interview

Telum Talks To... Shannon Hartono, Pemimpin Redaksi, CROWN Indonesia

Shannon M Saputra, atau yang lebih dikenal sebagai Shannon Hartono, telah berkutat di industri jam tangan selama hampir 20 tahun. Ia berbagi pada Telum mengenai kariernya hingga saat ini, saran bagi kolektor pemula, dan seputar industri ini di Indonesia.

Ceritakan sedikit mengenai peran Anda dan CROWN Indonesia?
Saat ini saya adalah Pemimpin Redaksi CROWN Indonesia, majalah spesialis jam tangan yang berasal dari Singapura, yang diluncurkan beberapa tahun lalu di Indonesia untuk pasar lokal. Bersama dengan tim saya, kami menyusun berita dan fakta menarik tentang dunia jam tangan yang indah, dan menerbitkan majalahnya setiap tiga bulan.

Anda telah berada di industri jam tangan selama hampir 20 tahun, baik di media maupun di ritel. Ceritakan pada kami sedikit mengenai perjalanan Anda...
Pada tahun 1999, saya bekerja untuk sebuah bank dan bertemu dengan CEO Time International, Irwan Mussry, dalam sebuah pertemuan. Ketika itu saya tengah menangani sebuah proyek dan mendekatinya untuk membentuk suatu kemitraan. Enam bulan kemudian, ada satu posisi terbuka di Time International, dan bagi saya kesempatan itu terlalu bagus untuk dilewatkan. Saya saat itu (dan masih) penggemar berat TAG Heuer, dan posisinya adalah untuk Brand Manager-nya. Hampir dua puluh tahun ke depan - genap Juli 2020 nanti - saya masih tetap di sini itu mudah, karena saya mencintai apa yang saya lakukan. Saya suka pekerjaan ini, orang-orang yang bekerja dengan saya, dan bos saya adalah salah satu orang paling inspiratif yang pernah saya temui sehingga tidak pernah saya bertanya mengapa saya akan tetap begitu lama.

Seperti apa pembaca CROWN Indonesia?
Kami lihat CROWN Indonesia memenuhi kebutuhan para penggemar jam tangan yang sepikiran dan benar-benar tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang jam tangan, ingin memahami jam tangan apa yang berpotensi untuk mereka beli, tetapi tidak ingin terjebak dalam kata-kata mewah. Kami membuat redaksional kami mudah dibaca dan mudah dimengerti, sehingga menarik banyak penggemar pemula dan kolektor jam tangan yang baru.

Bagaimana Anda berkolaborasi dengan PR / Humas?
Saya sangat percaya pada kekuatan dan pengaruh yang dimiliki PR; dan ada banyak kepercayaan pada media. Saya ingin kita dapat bermitra dan berbagi lebih banyak tentang siapa kami dan apa yang bisa kami lakukan untuk pembaca kami, dan mungkin melakukan proyek kolaborasi bersama juga. Ada begitu banyak peluang yang dapat dijelajahi, dan kami sangat terbuka untuk menyelaminya.

Apakah Anda menyebut diri Anda sebagai seorang horolog?
Ha! Saya mungkin bukan seorang ahli horologi, karena istilah itu sepertinya lebih terkait dengan pengetahuan dan keterampilan yang lebih ilmiah dan entah bagaimana seolah menunjukkan bahwa saya memiliki pelatihan profesional atau pergi ke sekolah untuk Horologi - yang saya jelas tidak. Katakan saja saya penggemar jam tangan. Saya pikir itu lebih cocok.

Apa jam tangan favorit Anda saat ini dan mengapa?
Dalam pekerjaan saya, tidak mungkin untuk memilih hanya satu jam untuk menjadi favorit. Saya punya banyak favorit karena berbagai alasan. Misalnya, Cartier Tank Française adalah salah satunya, karena memiliki nilai sentimental - ini adalah jam tangan pertama yang dibeli suami saya untuk saya. Saya juga menyukai TAG Heuer Carrera Jack Heuer 80th Edition karena jam ini tidak mudah didapat dan merupakan edisi terbatas yang menampilkan semua warna favorit saya. Rolex GMT-Master II Blue and Black bezel juga menjadi favorit saya karena mengingatkan saya telah 15 tahun bekerja di Time International. Daftar ini bisa bertambah terus dan terus.

Panduan pemula untuk membeli jam tangan pertama mereka, hal terpenting apa yang harus mereka pertimbangkan sebelum memutuskan?
Saran saya adalah selalu mencobanya, dan lakukan apa yang Anda sukai. Bagi saya, nilai sentimental dari sebuah jam tangan jauh lebih besar daripada nilai lainnya, baik itu nilai investasi atau tren atau apa pun yang Anda nilai. Cobalah beberapa jam tangan yang Anda sukai secara visual, kemudian cari tahu lebih lanjut tentang DNA dari merek tersebut, pengerjaan, pergerakan, dan layanan purna jual. Timbang semua pro dan kontra setelahnya, tetapi selalu dimulai dengan memakai jam tangan dan lihat bagaimana perasaan Anda.

Kesalahpahaman yang paling besar di industri jam tangan? Bagaimanakah keadaan industri jam tangan di Indonesia?
Saya pikir salah satu kesalahpahaman terbesar tentang industri jam tangan adalah bahwa orang berpikir Swiss Made berarti jam tangan tersebut 100% dibuat di Swiss. Ada beberapa yang memang, tentu saja, tetapi tidak selalu demikian. Hukum Swiss pada dasarnya mengatakan bahwa Anda memerlukan setidaknya 60% dari biaya produksi dihasilkan di Swiss, pergerakannya akan dilakukan di Swiss, dan inspeksi pabrikan akhir juga dilakukan di sana, untuk dapat memasang label Swiss Made di jam tangan.

Industri jam tangan di Indonesia saat ini masih terus berkembang. Konsumen Indonesia memiliki selera dan apresiasi yang semakin meningkat terhadap jam tangan berkualitas, jadi kami melihat semakin banyak kolektor bertambah setiap tahun dan semakin muda. Ada banyak potensi di sini, selama kita tidak terganggu oleh faktor-faktor eksternal seperti ekonomi atau politik.

More stories


Telum Media

Database

Jurnalis
Shannon M Saputra

Editor-in-Chief

Media
CROWN Indonesia

4 contacts

Get in touch to hear more

Minta demo

Telum Media

Peringatan

Lansiran email reguler yang menampilkan berita terbaru dan perpindahan dari industri media di seluruh Asia Pasifik

Berlangganan alert