Telum vox pop: Tantangan dan tren Tekfin dan tren utama pada tahun 2021

Telum vox pop: Tantangan dan tren Tekfin dan tren utama pada tahun 2021

Singapore Tekfin Festival, acara teknologi finansial terbesar di dunia, akan diselenggarakan pada 7 hingga 11 Desember 2020 mendatang. Menyambut acara yang menyatukan para pelaku industri Tekfin dari seluruh dunia itu, Telum berbicara dengan sejumlah jurnalis di Asia Tenggara tentang tantangan dan tren Tekfin yang di 2021.

Christian König, Pendiri / Editor, Tekfin News Singapore (Singapura)
Sub-sektor Tekfin yang paling menarik minat saya adalah wealthtech serta solusi pasar modal. Saat ini ada begitu banyak startup yang bermunculan dan kita dibombardir dengan rilis pers dan update dari mereka. Ini membuat lebih sulit untuk menyaring informasi untuk memastikan bahwa kami meliput berita yang relevan dan paling diminati. Tim saya sangat rajin memastikan bahwa kami mendapatkan berita paling menarik dan memeriksanya dengan cermat sebelum kami menerbitkannya portal kami. Tahun depan saya pikir kita solusi asuransi online dan solusi pensiun akan menjadi tren Tekfin yang sedang berkembang.

Richard Hartung, Penulis Lepas (Singapura)
Tantangan utama sebetulnya hanyalah jangkauan sektor dan sub-sektor. Dengan solusi penggerak Tekfin di lebih dari tiga lusin sub-sektor di negara-negara di seluruh dunia, melacak semua perkembangan dan mencari tahu apakah ide baru di satu negara akan berhasil di banyak pasar atau hanya di dalam negeri di satu pasar memerlukan kewaspadaan dan analisis yang konstan . Sementara adopsi pelanggan yang jauh lebih cepat atas solusi keuangan digital memiliki manfaat yang luar biasa, kecepatan perubahan juga menciptakan tantangan dalam peningkatan skala Tekfin baru yang jauh lebih cepat dan menemukan atau menutupi mereka perlu terjadi lebih cepat dari sebelumnya. Salah satu tren kemungkinan adalah penyesuaian solusi menggunakan AI dan analitik data. Meskipun sudah lama dibicarakan, konsumen masih mendapatkan pinjaman, pembayaran, pengelolaan kekayaan, dan produk atau layanan lain untuk kelompok luas. AI sedang menuju tahap di mana pemasaran satu-ke-satu dan produk yang disesuaikan akan segera tersedia. Yang lainnya adalah kemitraan dan ekosistem. Meskipun Alipay dan WeChat Pay di China adalah aplikasi super, pasar lain lebih sering memiliki layanan individu pada aplikasi. Sekarang, aplikasi seperti Grab atau Gojek membuat aplikasi dengan berbagai layanan keuangan - dan non-keuangan -. Bank juga membangun ekosistem melalui kemitraan sehingga mereka dapat menawarkan lusinan layanan keuangan dan non-keuangan kepada UKM atau menyediakan rangkaian lengkap pembelian properti atau layanan gaya hidup kepada konsumen. Dalam hal sektor, solusi baru yang disesuaikan di insuretech kemungkinan akan terus berlanjut. Manajemen kekayaan, dari robo-advisors dan wawasan untuk orang kaya hingga layanan literasi keuangan yang ditingkatkan dan solusi tabungan di bagian bawah piramida, harus melihat kemajuan yang signifikan.

James Zhang, mantan Editor CompassList / Associate Fellow dari Pusat Diplomasi Ekonomi Universitas Wuhan (Singapura)
Tantangan terbesarnya adalah sejauh mana Tekfin telah melangkah, dari bumi hingga ke luar angkasa, dari pembayaran hingga hiburan. Tekfin cukup menuntut pengetahuan. Sebagai jurnalis, saya harus mencari tahu hal-hal yang layak diberitakan dalam waktu yang relative singkat.

Poovenraj Kanagaraj, Wakil Editor, Business Today (Malaysia)
Di Business Today, segmen Tekfin yang benar-benar menarik minat kami adalah jenis pembayaran baru untuk segmen UKM dan pendidikan. Pemain yang ada seperti Revenue Monster dan Nium misalnya, telah memainkan peran penting dalam memanfaatkan teknologi finansial. Tekfin tidak lagi hanya sebatas dompet elektronik. Pandemi telah mendorong pemain yang ada untuk melewati batas yang ada. Bagi kami, topik Tekfin sebagian besar berada di sekitar dompet elektronik, tetapi sekarang dengan adanya pandemi, kami melihat Tekfin mampu menembus segmen baru, khususnya pendidikan. Itu juga menyegarkan untuk dilihat dan diliput. Dengan lebih fokus pada UKM sekarang dan nantinya di tahun 2021, saya memperkirakan solusi Tekfin inovatif baru untuk membantu segmen ini menawarkan pengalaman yang lebih mulus bagi pengguna di negara masing-masing.

Melissa Lopez, Penulis Berita, CNN Filipina (Filipina)
Saya selalu tertarik untuk meliputa tentang dompet digital karena saya telah melihat bagaimana hal ini mengganggu layanan pembayaran dan pengambilan setoran konvensional. Ini juga merupakan cara maju dalam memajukan inklusi keuangan. Filipina adalah salah satu pemimpin konsep ini di Asia (sejak tahun 2000-an) melalui penyedia telekomunikasi kami, dan kami melihat kebangkitan sekarang karena semakin banyak orang Filipina yang memilih untuk bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai di tengah pandemi COVID-19. Bank-bank besar dan penyedia e-wallet benar-benar meningkatkan permainan mereka, dan sangat menyenangkan untuk melihat keduanya sebagai jurnalis keuangan dan konsumen. Tekfin selalu terdepan dalam hal inovasi dan sangatlah menantang untuk memahami apa yang terjadi di balik layar teknologi yang sedang berkembang. Saya harus mengetahuinya dengan cukup baik agar saya dapat menyampaikannya kepada pembaca dengan cara yang juga mereka mengerti. Ini membutuhkan usaha tetapi sangat memuaskan setiap kali Anda menyelesaikan pekerjaan. Saya yakin layanan pembayaran yang lebih nyaman akan muncul pada tahun 2021. Harus ada pendekatan yang lebih bertarget untuk melawan penipuan, sehingga dapat melawan skema yang lebih agresif yang digunakan pencuri untuk menipu publik.

Aditya Hadi Pratama, Jurnalis, Tech in Asia (Indonesia)
Tantangan dalam meliput Tekfin adalah keuangan merupakan sektor yang sangat diatur, sehingga para pemain cenderung berhati-hati dalam mengungkapkan angka dan informasi. Oleh karena itu, kita harus kreatif untuk mendapatkan angka-angka tersebut dan membawakan analisis mendalam tentang lanskap saat ini kepada para pembaca. Menarik untuk melihat bagaimana pemain FinTech memperluas penetrasi mereka ke daerah pedesaan, terutama untuk menangani pinjaman informal yang masih terjadi di Asia Tenggara. Saya pikir itu adalah dua tren utama di tahun 2021.

Tania Perera, Editor (Pemimpin Konten), FortuneZ (Singapura & Malaysia)
Saya paling tertarik pada crypto dan blockchain di antara sub-sektor Tekfin. Kami telah melihat banyak perkembangan baru di arena itu. Itu hanya bisa terus lepas landas dan itu bagi saya, adalah sesuatu yang kita semua bisa nantikan. Tren utama yang menurut saya akan muncul pada 2021 adalah perbankan terbuka dan keuangan otonom.

Lebih banyak cerita


basis data media Telum

  • Richard Hartung
  • Melissa Luz T. Lopez
  • Christian König
  • Aditya Hadi Pratama
  • Poovenraj Kanagaraj
  • James Zhang
  • Natania Mary Perera
  • BusinessToday
    5 kontak
    11 permintaan media
  • Tech in Asia Indonesia
    14 kontak
  • CNN Philippines
    43 kontak
    2 permintaan media
  • Fintech News Singapore
    2 kontak
  • FortuneZ
    1 kontak
    1 media request

Hubungi kami untuk detail lebih lanjut

Meminta Demo

layanan peringatan Telum

Lansiran email reguler yang menampilkan berita terbaru dan perpindahan dari industri media di seluruh Asia Pasifik

Berlangganan alert