Telum merayakan Hari Kebebasan Pers Sedunia 2023
Interview

Telum merayakan Hari Kebebasan Pers Sedunia 2023

World Press Freedom Day 2023
Setiap tanggal 3 Mei, dunia berhenti sejenak untuk mengapresiasi karya penting jurnalis dan profesional media di berbagai belahan dunia pada Hari Kebebasan Pers Sedunia. Dalam pidatonya minggu ini, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Guterres menegaskan, "hari ini menyoroti kebenaran mendasar: semua kebebasan kita bergantung pada kebebasan pers".

Untuk memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia 2023, Telum berbincang kepada beberapa jurnalis di Asia Tenggara tentang bagaimana opini mereka terkait bagaimana kebebasan pers telah berkembang dalam 12 bulan terakhir, serta perubahan apa yang ingin mereka lihat di tahun mendatang.

Sasmito Madrim, Ketua, Aliansi Jurnalis Independen Indonesia (AJI) (Indonesia)
Selamat Hari Kebebasan Pers Sedunia untuk para jurnalis dan pekerja media! Banyak tantangan yang dihadapi jurnalis, mulai dari regulasi yang mengancam kebebasan pers hingga meningkatnya kekerasan terhadap jurnalis. Serangan terhadap jurnalis dan organisasi media independen tidak pernah berhenti.

Pada tahun 2022, Aliansi Jurnalis Independen Indonesia (AJI) mencatat setidaknya 61 kasus kekerasan terhadap pers terpisah, dengan 97 jurnalis dan 14 organisasi media menjadi sasaran serangan. Antara Januari dan 30 April 2023 tercatat 33 kasus kekerasan terhadap pers; meningkat dibandingkan periode yang sama tahun 2022 (hanya 15 kasus).

Kekerasan, serangan digital, dan kampanye disinformasi juga dilakukan terhadap pembela hak asasi manusia dan kelompok kritis lainnya dalam upaya mendelegitimasi mereka untuk mengungkapkan pendapat dan menginformasikan publik baik online maupun offline.Namun, seperti biasa, jurnalisme akan menemukan cara untuk terus melayani publik dan kebenaran.

Pongpiphat Banchanont, Editor Senior, The MATTER (Thailand)
Pada tahun lalu, praktisi media dan komunikasi di Thailand telah menyuarakan keprihatinan tentang potensi risiko terhadap kebebasan pers jika Undang-Undang Etika Media dan Standar Profesional yang diusulkan pemerintah disahkan. Undang-undang tersebut berusaha untuk menetapkan standar etika media. Karena keberatan yang kuat, pemerintah tidak mengesahkan RUU tersebut dan bahkan telah meninggalkannya sepenuhnya sejak Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha mengumumkan pembubaran Parlemen.

Tantangan untuk tahun mendatang adalah menavigasi penerapan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi nasional. Kekhawatiran muncul bahwa, bagi media, tindakan ini dapat digunakan untuk meningkatkan sensor di berbagai tingkatan.Selain itu, soal keamanan media juga masih perlu mendapat perhatian, karena kita masih melihat pemberitaan jurnalis yang mengalami penyerangan saat bertugas. Baru-baru ini, seorang fotografer Thailand juga diserang di rumahnya sendiri. Apa yang kami ingin lihat adalah peningkatan dukungan untuk mengungkapkan informasi dan memfasilitasi praktik jurnalisme yang aman.

Ken Low, Reporter Senior di Lianhe Zaobao (Singapura)
Kebebasan berbicara media telah mengalami perubahan signifikan dalam satu tahun terakhir, dengan dua faktor terbesarnya adalah kecerdasan buatan dan pandemi. Fitur umum dari keduanya adalah bahwa mereka memberikan alasan yang lebih masuk akal bagi otoritas terkait untuk mengatur media.

Misalnya, untuk memastikan keakuratan laporan terkait pandemi, otoritas terkait lebih memperhatikan liputan media dan mengontrol konten secara tidak langsung. Demikian pula, untuk memastikan bahwa laporan media tidak terutama didasarkan pada informasi atau data yang dihasilkan kecerdasan buatan, otoritas terkait juga dapat mengontrol konten secara tidak langsung.

Jerome Lantin, Anchor, DWBL (Filipina)
Saya harus memberikan penghargaan kepada pemerintahan Presiden (Bongbong) Marcos. Sejak partainya mengambil alih, ada perasaan di kalangan praktisi media bahwa kebebasan berbicara meningkat. Ke depan, saya berharap kebebasan pers tidak lagi disensor atau diancam di mana pun, karena di masa-masa sulit, kita harus mengandalkan pers yang bebas untuk memberi informasi kepada kita.

Jade Buhoy, Reporter, Golden Nation Network (Filipina)
Di generasi saat ini, informasi menyebar begitu cepat sehingga kita harus menggunakan pengaruh kita untuk meningkatkan kesadaran tentang jurnalisme dan kekuatannya untuk membentuk masyarakat. Dan sebagai pengawas, kita harus bertindak atas panggilan untuk melayani bangsa dengan membantu orang memahami bahwa emansipasi dimulai ketika informasi yang benar diberikan.

More stories


Telum Media

Database

Jurnalis
Ken Low

Creative Lead / Video Producer

Pongpiphat Banchanont

Editor-in-Chief

Sasmito Madrim

Journalist

Jade Buhoy

News Reporter

Jerome Lantin

Anchor

Media
Telum Media

1 contact, 124 permintaan media

Lianhe Zaobao

12 contacts, 20 permintaan media

Golden Nation Network

5 contacts, 1 media request

The MATTER

17 contacts

DWBL

1 contact, 1 media request

Voice of America Indonesia

13 contacts, 1 media request

Get in touch to hear more

Minta demo

Telum Media

Peringatan

Lansiran email reguler yang menampilkan berita terbaru dan perpindahan dari industri media di seluruh Asia Pasifik

Berlangganan alert