Telum Talks To... Judithya Pitana, Pemimpin Redaksi Popbela.com
Interview

Telum Talks To... Judithya Pitana, Pemimpin Redaksi Popbela.com

Judithya Pitana saat ini bekerja sebagai Pemimpin Redaksi di Popbela.com. Sebelumnya, ia merupakan Pemimpin Redaksi di Qraved dan Pemimpin Redaksi di CosmoGIRL! Indonesia, di mana ia turut membangun platform digital sekaligus memperluas strategi editorial-nya dengan konten yang lebih terlokalisasi.
 
Bagaimana Anda memulai karier di industri media dan apa yang membuat Anda bertahan?
Keinginan untuk bekerja di industri media muncul seketika setelah saya membaca Basic Black yang ditulis oleh Cathie Black, Publisher Executive di Hearst Magazine pada tahun 2008. Saya pun mencoba mengirim CV ke MRA Media dan saat itu ditempatkan sebagai Fashion Intern di CosmoGIRL! Indonesia. Dari situ, saya mulai naik perlahan-lahan. Saya tetap bertahan di industri ini karena saya jatuh cinta akan pergerakannya yang sangat cepat dan betapa informatifnya industri ini. Hal itulah yang tak pernah berhenti memikat saya.
 
Apa saja tanggung jawab Anda di Popbela.com?
Sebagai Pemimpin Redaksi Popbela.com, saya terutama mengawasi konten yang diproduksi oleh tim redaksi serta memikirkan strategi konten. Selain mengawasi alur kerja, saya juga bertanggung jawab mengembangkan strategi brand Popbela.com, baik itu online maupun offline. Bersama dengan Tim IDN Media, kami membangun komunitas yang kuat di Popbela.com untuk memastikan adanya pertumbuhan yang konstan serta memaksimalkan saluran yang kami miliki.
 
Bisa bagikan kepada kami proyek mendatang dari Popbela.com yang membuat Anda bersemangat?
Tim kami sekarang sedang mempersiapkan event tahunan kami, Beauty Fest Asia, yang akan diselenggarakan awal tahun depan. Event ini merupakan konferensi dan pameran di bidang kecantikan terbesar di Asia dan tentunya tim kami sangat bekerja keras untuk membuat event ini sempurna. Selain itu, Popbela juga akan membuat event berskala lebih kecil dengan tema yang seru bagi pembaca dan komunitas kami. Jadi, tetap ikuti media sosial kami ya agar tidak ketinggalan informasinya.
 
Apa perlunya pemfokusan konten pada topik budaya populer dan gaya hidup?
Saya pikir budaya populer dan gaya hidup merupakan subjek yang menarik bagi kebanyakan generasi muda, baik itu Millenial maupun Gen Z. Saya percaya ada banyak isu yang lebih penting dibandingkan hal-hal superfisial dan gosip. Melalui budaya populer dan gaya hidup, kita dapat mencoba mengedukasi anak muda tentang pentingnya topik lain seperti politik dan budaya yang dibungkus secara ringan sehingga pembaca dapat menikmatinya.
 
Liputan paling berkesan?
Tahun lalu, ketika saya masih dengan CosmoGIRL! Indonesia, di mana saat itu kami diundang oleh Kedutaan Inggris untuk meliput sistem pendidikan dan program studi di UK. Saya berkesempatan bertemu dengan mahasiswa asal Indonesia terbaik yang sekolah di sana dan mendengarkan cerita-cerita yang berkesan, termasuk perjuangan mereka untuk dapat sekolah di sana. Saya masih terkesan dengan betapa ambisius, bertekad penuh, dan penuh harapannya generasi muda kita. Mereka menyuntikkan harapan baru bagi saya, bahwa sebagai Millenial dan Gen Z, kita mampu mengubah Indonesia menjadi tempat yang lebih baik.
 
Apa nasihat karier terbaik yang pernah Anda dapatkan? Dari siapa?
Saya mendapatkannya dari ibu saya, yang juga merupakan perempuan karier sukses: “Hidup itu keras, kamu harus lebih keras lagi, namun jangan lupa untuk selalu baik kepada orang lain.”
 

Fashion icon favorit? Mengapa?
Caroline de Maigret, karena gaya Parisian-nya cocok dengan gaya berpakaian saya yang effortless.

Tips Anda bagi PR yang ingin mengirimkan rilis ke Popbela.com?
Popbela menerima banyak sekali email dari berbagai PR setiap harinya, jadi alangkah baiknya bila ada sentuhan personal. Membangun hubungan baik juga penting sehingga tim kami bisa mengenali rilis Anda di antara ratusan email yang kami dapat setiap harinya.
 
Apa ada nasihat Anda bagi jurnalis perempuan muda di luar sana?
Jurnalisme terus berubah dalam beberapa tahun belakangan dan saya percaya seterusnya akan terus berubah dan berkembang. Bagi semua jurnalis perempuan yang menginspirasi di luar sana, kalian harus terus terbuka atas kesempatan yang ada dan bersiaplah atas perubahan, karena satu hal yang tidak akan pernah berubah adalah perubahan itu sendiri.
 
Bagaimana sebaiknya menghubungi Anda?
Kontak saya di email judithya.pitana@idntimes.com. Apabila urgent, jangan ragu untuk hubungi saya lewat (62) 813 1122 5548. 

More stories


Telum Media

Database

Jurnalis
Judithya Pitana

Editor-in-Chief

Media
POPBELA.com

23 contacts, 5 permintaan media

Get in touch to hear more

Minta demo

Telum Media

Peringatan

Lansiran email reguler yang menampilkan berita terbaru dan perpindahan dari industri media di seluruh Asia Pasifik

Berlangganan alert