Feature

Telum vox pops: Keinginan jurnalis dari Humas di new normal

By Muhammad Arby

Setiap orang memiliki preferensi masing-masing dalam berkomunikasi, termasuk para pekerja media ketika berinteraksi dengan Humas. Berikut pendapat mereka mengenai hal tersebut.

Enam pekerja media di Indonesia berbagi pendapat mengenai cara terbaik bagi pihak hubungan masyarakat profesional untuk berkomunikasi dengan mereka dalam era 'new normal'.

Valerie Dante dari alinea.id berpikiran bahwa PRs sudah cukup mengerti kebutuhan jurnalis. "Ketika acara sudah selesai, Humas bertanggung jawab mengirimkan rilis pres," kata Valerie.

Sebagai Co-Founder dan Co-Host dari siniar Journalist X Lawyer, Glenn Wijaya membagikan preferensinya saat bekerja dengan Humas. "Kami cenderung mencari jurnalis dan pengacara yang memiliki keunikan," katanya.

Sedangkan Natalia Bulan Retno Palupi menjelaskan bahwa TribunnewsWiki.com bersedia menerima bahan berita tentang tokoh-tokoh terkemuka di tingkat regional maupun nasional. "Seperti artis, seniman, penyanyi, atau orang-orang yang memiliki pengaruh besar di masyarakat."

Vanita Dewi Prastiwi dari Detik.com dan Elvi Robiatul Adawiyah dari Rilis.id memiliki pendapat sendiri.

“Relasi yang sudah kita jaga sebelumnya bisa kita eratkan kembali menggunakan aplikasi-aplikasi seperti video call,” ucap dia.

Sedangkan Elvi mengingatkan bahwa Indonesia belum sepenuhnya terbebas dari COVID-19.

“Sediakan jaringan yang baik, dan juga waktu yang tepat, singkat dan padat untuk memberikan informasi kepala jurnalis, sehingga jurnalis tidak beresiko tinggi untuk pergi dan tertular corona,” ujar Elvi.

Sementara Ramadani Saputra atau akrab disapa Dani dari The Jakarta Post memberikan masukan kepada Humas.

“Keputusan berita dinaikkan atau tidak adalah keputusan editorial. Jadi terima kasih atas informasi rilis yang diberikan, hanya tidak perlu untuk menyisipkan pesan ‘demanding’ seperti itu. Terima kasih," pungkas Dani.

Klik di sini untuk mengakses konten video 'kenormalan baru' dari Telum Indonesia.

More stories


Telum Media

Database

Jurnalis
Elvi Robiatul Adawiyah

Editor and Reporter

Valerie Dante

Ramadani Saputra

Web Editor

Natalia Bulan Retno Palupi

Glenn Wijaya

Vanita Dewi Prastiwi

Engagement Coordinator

Media
Telum Media

1 contact, 122 permintaan media

Get in touch to hear more

Minta demo

Telum Media

Peringatan

Lansiran email reguler yang menampilkan berita terbaru dan perpindahan dari industri media di seluruh Asia Pasifik

Berlangganan alert