Year-end recap: Yang mungkin terlewat di 2021

Year-end recap: Yang mungkin terlewat di 2021
Jessica Damiana

Serta isu-isu industri media tahun depan

giphy.gif
Mengakhiri tahun 2021, berikut adalah kompilasi kabar industri media yang terjadi setahun belakangan. Barang kali ada yang Anda lewatkan?

Berita industri media 2021
Meski COVID-19 masih mendominasi Indonesia, industri media terus menghadirkan inovasi sepanjang tahun kemarin.

Pada 2021, Telum mempublikasikan sekitar 847 informasi perpindahan jurnalis, mulai dari Georg Matthes yang memimpin tim editorial Deutsche Welle Asia Pasifik dari Jakarta, Andreas Ismar yang bergabung ke Capital.com, serta Jurnalis Lepas Antonia Timmerman yang bergabung dengan Rest of World. Produser Eksekutif Kompas TV Riko Anggara yang meninggalkan perannya dan kini bekerja di Liputan6 (SCTV) sebagai Senior Manager News Production Department Head.

Tribun Media Network terus berekspansi dengan peluncuran TribunPalu.com dan Tribun Ambon. Demikian juga dengan Pikiran Rakyat Media Network yang kini memiliki afiliasi dengan 66 media daring di bawahnya. Pada Mei 2021, Evi Mariani dan koleganya meluncurkan Project Multatuli. Ada juga peluncuran technomachinews.id, yang meliput seputar teknologi otomasi, industri, dan manufaktur. MNC Portal Indonesia juga meluncurkan celebrities.id.

Pada Agustus 2021, IDN Media membeli lisensi FORTUNE Indonesia, dengan Hendra Soeprajitno sebagai Pemimpin Redaksi majalah tersebut. Ada juga peluncuran JurnalBikers pada Januari 2021.

Menariknya di tahun ini, banyak juga media berbahasa Inggris yang didirikan. Media Group meluncurkan Metro Globe Network, Pikiran Rakyat Media Network dengan JakartaDaily.id, serta Sari Kusumaningrum yang mendirikan The S Media.

Ficer dan webinar
Pada 2021, Telum memulai wawancara wartawan dengan Jonathan Pandapotan yang memenangkan Anugerah Adinegoro 2020.

Selanjutnya, Telum juga melakukan wawancara vox pop seputar Hari Kesehatan Mental Sedunia dan hari pers nasional, seputar preferensi jurnalis ketika dihubungi Humas, serta wujud rilis pers yang ideal.

Sepanjang tahun kemarin, Telum juga membahas seputar paywall dalam media dan kembalinya acara tatap muka di tengah COVID-19, misalnya saja dengan diadakannya Tokyo 2020 dan persiapan untuk PON 2020.

Telum juga mengadakan wawancara personal dengan para jurnalis, misalnya saja Christine Franciska dari Glance, Ion Akhmad dari Luxina.id, Purwandana Budyandaka dari CintaMobil.com, Tubagus Guritno dari TabloidBintang.com, Vinsensius Sitepu dari Blockchainmedia.id, serta Aqwam Fiazmi Hanifan yang bekerja di Narasi.

MNC Portal Indonesia dan FORTUNE Indonesia juga membagikan isi dapurnya lewat webinar yang diselenggarakan Telum.

Survei Asia Pasifik
Pada awal tahun kemarin, Telum merilis hasil survei para profesional di bidang komunikasi, yang menggambarkan cara mereka bekerja di tengah pandemik dan tantangan industrinya. Tahun ini, Telum akan membuat survei serupa untuk jurnalis.

Survei ini akan dibuat menjadi laporan seputar industri media di Asia Pasifik, memahami perubahan struktur redaksi, karier di bidang jurnalisme, persepsi mengenai model bisnis dan sumber pendapatan, serta kerja sama dengan Humas. Sudah ada lebih dari seribu jurnalis yang telah mengisi surveinya. Anda juga dapat mengutarakan pandangan Anda di sini.

Pastikan Anda mengetahui informasi terkini industri media dengan mendaftar ke nawala Indonesia Alert!


Meskipun tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di tahun 2022, industri media di Tanah Air mulai menunjukkan optimisme di tahun macan air.

Lebih banyak cerita


basis data media Telum

  • FORTUNE Indonesia
    10 kontak
  • Telum Media
    8 kontak
    11 permintaan media
  • Pikiran Rakyat Media Network
    2 kontak
  • JurnalBikers
    1 kontak
    2 permintaan media
  • TribunPalu.com
    2 kontak
    1 media request
  • celebrities.id
    4 kontak
  • Project Multatuli
    12 kontak
    2 permintaan media
  • Tribun Papua
    2 kontak
  • Metro Globe Network
    5 kontak
  • The S Media
    2 kontak
    3 permintaan media
  • JakartaDaily.id
    3 kontak

Hubungi kami untuk detail lebih lanjut

Meminta Demo

layanan peringatan Telum

Lansiran email reguler yang menampilkan berita terbaru dan perpindahan dari industri media di seluruh Asia Pasifik

Berlangganan alert